Tips Memilih Alat Membuat Kue


Tips Memilih Alat Membuat Kue

Dengan peralatan sederhana Anda pun tetap bisa membuat kue kering maupun cake dengan baik, lho.
Berikut beberapa peralatan yang bisa Anda siapkan saat akan membuat aneka kue.

1. Timbangan & Sendok Ukur
Pergunakan timbangan yang akurat. Bahan-bahan kue yang Anda timbang tidak boleh melebihi kapasisitas dari timbangan. Sebaiknya, pastikan sebelum menimbang, jarum timbangan berada pada posisi nol.
Sedangkan untuk sendok ukur,saat akan mengukur bahan, peres dengan pisau atau gagang sendok sampai benar-benar peres. Bersihkan dan keringkan sendok ukur setiap kali habis dipakai.

Mixer

Mixer

2. Mixer
Mikser adalah salah satu alat utama dalam pembuatan kue kering maupun cake. Pastikan alat ini dalam kondisi baik sebelum digunakan, karena pengocokan adonan harus dilakukan secara konsisten.Mikser harus selalu bersih, terbebas dari minyak atau air.
Mengocok adonan untuk kue kering dan cake dengan menggunakan mikser tidaklah sama. Untuk adonan kue kering, sebaiknya mentega dan gula diputar sekadar tercampur sampai rata saja. Sebaliknya,untuk membuat adonan cake, mikser harus diputar sampai adonan benar-benar mengembang dan kental.

3. Loyang
Ada berbagai macam loyang yang bisa Anda gunakan. Misalnya, loyang bongkar pasang, tulban, atau loyang datar khusus untuk kue kering. Bahan dasar dari loyang pun beragam. Ada yang terbuat dari aluminium, stainless steel,bahkan yang anti lengket (Teflon).
Apapun macam dan jenisnya, pastikan loyang yang Anda gunakan bersih, tidak berbau, dan tidak penyok. Sebelum dituangi adonan, olesi loyang dengan mentega hingga rata dan taburi dengan sedikit tepung terigu, agar cake atau kue tidak lengket. Setelah digunakkan, sebaiknya loyang langsung dicuci bersih dan dikeringkan.

4. Oven
Pastikan oven Anda dalam keadaan masih baik, untuk mendapatkan hasil cake atau kue kering yang baik. Panaskan oven terlebih dahulu, sebelum membuat kue. Untuk membuat kue kering, gunakan suhu 160 derajat Celcius, dan untuk membuat cake diperlukan suhu 180 derajat Celcius.

5. Spatula
Untuk mengaduk dan membersihkan sisa-sisa adonan dari wadahnya atau memasukkan adonan ke dalam loyang, gunakan spatula. Tujuannya, agar adonan terambil dengan maksimal dan tidak bersisa banyak di dalam wadah.

Smoga brmanfaat ya , khusus’y buat yg gemar membuat kue kering ataupun cake🙂

vyara

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: