KUE WAJIT


Salah satu makanan tradisional favorit saya, trlebih kalo pas hari raya lebaran, khusus’y d tanah kelahiran saya d daerah Jawa Barat, d setiap rumah pasti sudah tersedia kue yg satu ini. Wajit rasa’y legit dan manis bgt . . Jd pngen pulang kmpung :(
Buat temen2 yg ingin nyoba, silahkan. Ada 2 resep yg saya dpt dari milis . .

RESEP WAJIT 1

>> BAHAN :
* 3 kg ketan putih
* 1,1/2 kg gula merah
* 500 gr gula pasir
* 2 lt santan pekat
* 1 sdm garam
* 5 helai daun pandan

>> CARANYA :
* Rendam beras ketan kurleb 4 jam, cuci bersih lalu tiriskan dan kukus hingga masak( kurleb 1 jam)angkat sisihkan
* Didihkan gula merah, gula putih, santan,daun pandan, hingga kental banget jangan lupa diaduk biar ga gosong
* Setelah kentel masukan beras ketan yg sudah di kukus tadi , aduk terus hingga air gula tadi rada kering(menyerap ke ketan tadi,seperti digambar) angkat dan dinginkan.. setelah dingin baru bungkus.. siap deh…

RESEP WAJIT 2

>> BAHAN :
* 1/4 kg beras ketan
* 1 1/2 kg gula pasir
* Kelapa parut dari 1 1/2 kelapa yang agak muda
* Vanili
* Sedikit garam

>> CARA BUAT :
* Ketan dicuci bersih, rendam semalam, tiriskan, lalu kukus sampai matang.
* Gula direbus dengan 2 cangkir air sampai larut, masukkan kelapanya,ketan dan garam, aduk-aduk sampai kental betul, angkat bubuhi vanili,ratakan lalu bungkus di kertas minyak bentuk panjang merupakan jari.
* Jemur di panas matahari supaya wajitnya bagus menggula.

>> CATATAN :
Wajit dapat dibuat dgn macam-macam warna, seperti merah, hijau dan kuning,dengan dibubuhi sedikit aroma yang dikehendaki.

Selamat Mencoba . . :)

About these ads

6 responses to this post.

  1. Posted by andryy yani nurmayanti on 28 September 2010 at 3:46 pm

    sipp!!!

    Balas

  2. Posted by yunia on 18 Maret 2011 at 7:33 pm

    mbak,kalo kue yang biasanya warnanya pink,bungkusnya kertas minyak,itu kue wajik juga kn ya?sama gak resepnya kayak di atas?thx b4

    Balas

  3. Posted by yunia on 15 November 2011 at 7:50 pm

    *barusan nemu lg tulisan ini* oooo maap ya kirain mbak2..gataunya cowo tp suka masak gt y?heee*..abiznya banyak resep masakan gt *peace..*

    Balas

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: